3 Hal yang Dapat Dilakukan pada Chrome Saat Posisi Offline

Browser dikenal tidak bisa hidup tanpa koneksi internet untuk bisa berjalan sebagaimana mestinya. Begitu juga dengan Google Chrome yang dikenal sebagai perambanan resmi dari perusahaan raksasa Google butuh sekali yang namanya jaringan sehingga internet menjadi sumber paling utama agar dapat berjalan dengan baik.

Akan tetapi, pasti ada beberapa diantara kamu yang belum mengetahui aplikasi besutan Google ini sebenarnya dapat melakukan beberapa hal selain hanya sekedar berselncur di internet. Lalu apa saja sih fitur yang dapat kita gunakan dalam keadaan Offline atau tanpa jaringan? Berikut ini telah kami rangkum beberapa fitur dari Chrome yang dapat kamu gunakan tanpa memerlukan akses internet seperti dikutip dari Popular Science.

Baca juga :

 

1. Akses Bermacam Layanan Google

Sekilas info saja, Google Docs, Drive, Sheers, dan Slides dapat kamu akses dalam keadaan offline. Jadi kamu dipastikan masih bisa memakai ketiga aplikasi tersebut ketika tak terhubug ke jaringan internet (Offline).

Masa sih bisa? Kok punya aku engga ya?

Sabar duluu, belum kita atur ke mode offline. Untuk cara mengaturnya, kamu cukup membuka Google Drive dan mengaktifkan fitur offline. Setelah berhasil maka seluruh dokumen, spreadsheet, dan presentasi akan tersimpan di Hard drive perangkat kamu.

Selama apapun kamu dalam posisi offline, kamu tetap bisa membuat dokumen baru dan mengedit dokumen yang sudah termuat. Namun kamu tak dapat mengakses file seperti video atau musik di Google Drive kecuali sudah mengunduhnya terlebih dulu secara terpisah.

2. Akses Gmail

Untuk fitur ini saya yakin belum banyak diketahui oleh para pengguna, namun sebenarnya email yang tertampung di Gmail dapat diakses tanpa internet loh. Untuk caranya, kamu cukup memasang ekstensi Gmail Offline ketika terhubung pada jaringan internet.

Dengan memanfaatkan ekstensi ini, email di Gmail akan otomatis tersinkronasi dengan hard drive bawaan perangkat kamu sehingga email yang sudah masuk dapat diakses ketika offline. Setelah memasangnya, kamu dapat mengatur durasi email yang ingin diunduh.

Kamu bisa mengaturnya mulai dari seminggu, dua minggu, hingga satu bulan. Sekadar informasi, tampilan Gmail dalam posisi offline ini akan tampak berbeda dari biasanya.

Namun satau hal yang perlu diingat, email yang dapat dilihat hanya yang sudah termuat di peramban sehingga tak dapat membuka email secara real-time. Saat membalas pesan masuk pun, kamu baru dapat melakukannya setelah kembali terhubung ke jaringan internet.

3. Bermain Game

Sebenarnya kamu bsia langsung main game secara offline di Google Chrome. Namun untuk melakukannya janu harus mengunduh terlebih dahulu game nya di Chrome Web Store. Didalam toko aplikasi tersebut kamu bisa menemukan sejumlah aplikasi, game, dan beragam perlengkapan untuk Chrome yang dapat diakses saat Offline. Untuk itu, kamu dapat memainkan game yang tersedia di sini.

Terakhir, Chrome sebenarnya memiliki game bawaan yang letaknya tersembunyi yang mana hanya dapat dimainkan dalam keadaan offline. Ketika tak ada koneksi internet, biasanya laman akan menampilkan ikon dinosaurus pada layar. Hanya dengan menekan tombol Space (spasi di keyboard) saja maka game akan langsung mulai dan dinosaurus itu akan berjalan menghindari rintangan berupa kaktus. Coba deh mainin pasti seruu. Cetak nilai tertinggi yaa dan masukan nilai paling tinggi kamu di kolom komentar.

About Bangdidit

Pria ganteng yang sedang mencari jodoh soleha~

View all posts by Bangdidit →

One Comment on “3 Hal yang Dapat Dilakukan pada Chrome Saat Posisi Offline”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *